Yogyakarta merupakan salah satu kota paling terkenal dan yang paling menarik di Jawa. kota ini dikenal di Indonesia sebagai kota budaya dan juga kota pendidikan. Disini juga banyak wisatawan yang datang  dari manca negara maupun domestik untuk menikmati destinasi wisatanya maupun menikmati kebudayaannya. Kota ini juga terkenal di Indonesia karena masih ada sistem kesultanan yang telah berdiri sejak 1700-an. Akibatnya, banyak objek wisata  yang berhubungan dengan kerajaan. Anda juga akan menemukan banyak museum di sini serta tempat-tempat yang menjual kerajinan tangan.

kota ini jjuga terkenal dengan lingkungannya yang bagus, karena terletak di kaki Gunung Merapi dan dekat dengan tempat wisata ikonik di Jawa seperti candi Borobudur dan Prambanan. Banyak orang saat wisata  juga mengunjungi ke situs-situs tersebut, tetapi jika Anda hanya punya waktu sebentar saat disini Anda masih dapat menikmati berbagai tempat wisata, restoran, kafe, monumen kuno, dan tempat-tempat perbelanjaan.

Mari kita jelajahi tempat-tempat menarik yang bisa Anda kunjungi saat datang ke Yogyakarta:

 

1. Menikmati indahnya Pantai Indrayanti

pantai indrayanti

sumber : @liinaary_

Banyak wisatawan yang datang ke Yogyakarta tidak akan menyadari bahwa pantai Indrayanti sebenarnya terletak dekat dengan Samudra Hindia lebih tepatnya berada di sisi selatan yang membentang di sepanjang garis pantai Gunung kidul.

butiran pasir keemasan di pantai ini juga bersih dan menarik. Anda juga akan menemukan berbagai kafe dan warung-warung kecil yang didirikan di sepanjang garis pantai di mana Anda bisa mendapatkan beberapa hidangan mie instan serta minuman dingin dan juga air kelapa yang menyegarkan.

2. Jalan-jalan ke Museum Sono Budoyo

 

sono budoyo

sumber : @@ajiaoj

Yogyakarta adalah salah satu kota yang memiliki banyak museum, dan salah satu museum yang terbaik adalah Museum Sono-Budoyo yang memiliki koleksi-koleksi benda-benda kesenian Jawa yang dipamerkan.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang benda-benda kesenian dari wilayah ini, Anda dapat mengunjungi museum dan mengunjungi galeri sono budoyo. Benda-benda sejarah disini ada wayang, topeng, persenjataan, dan tekstil dari Indonesia. Museum ini menghadap ke sebuah halaman yang menganut arsitektur Hindu dan Anda akan menemukan banyak hiasan ukiran dan patung-patung. Salah satu yang menarik dari museum adalah pertunjukan wayang yang juga berlangsung di museum sono budoyo.

 

3. Menjelajahi Kraton Yogyakarta

kraton Yogyakarta

sumber : @rentdry

Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat mungkin merupakan daya tarik paling terkenal di Yogyakarta dan merupakan nama lain dari Istana Kerajaan.Meskipun Sultan dan keluarganya masih tinggal di sini, Anda masih dapat mengunjungi Museum Kraton di mana Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang keluarga kerajaan serta mendapatkan wawasan tentang seni dan budaya tradisional Jawa.

Jika memungkinkan cobalah untuk mengatur waktu kunjungan Anda sehingga saat sampai  di kraton sekitar jam 9 pagi, karena pada jam tersebut ada pertunjukan kesenian budaya yang diadakan di sini setiap harinya.

 

4. Mengunjungi Pasar Burung

 

pasar pasty

sumber : @agathavap

 

Salah satu tempat wisata paling terkenal di Yogyakarta adalah Pasar Pasty yang merupakan pasar burung lokal.Burung adalah salah satu bisnis yang besar di Indonesia dan banyak orang membelinya sebagai hewan peliharaan atau untuk mengikuti kompetisi, dan salah satu tempat utama untuk yang ingin membeli burung adalah Pasar Pasty.

Terletak di daerah Prawirotaman di sebelah selatan Kraton, pasar pasty terdapat jenis burung contohnya burung merpati, burung hantu, gagak, dan masih banyak spesies lainnya, meskipun tingkat perawatan burung dari masing-masing kiso berbeda-beda.

5. Mencoba Gudeg

Gudeg yogyakarta

sumber : @nunung.nooraisyah

Yogyakarta terkenal dengan makanan khasnya dan makanan khas yang paling terkenal adalah Gudeg. Ini pada dasarnya terdiri dari nangka yang direbus dengan santan untuk membentuk semacam kari. Disajikan dengan nasi dan jangan sampai terlewatkan jika Anda berada di kota inia ada  beberapa tempat terkenal untuk menemukan makanan khas ini contohnya di Bale Raos, Ibu Ageng, dan Gudeg Pawon yang terletak di Jalan Janturan.

Jika Anda ingin mencoba berbagai suguhan khas dari kota ini maka Anda juga dapat mengikuti wisata kuliner dan ini menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, dengan beberapa penyedia jasa yang biisa dipilih.

6. Berkunjung ke Kebun Binatang Gembira loka

 

gembira loka zoo

sumber : @indah_islami14

Jika Anda ingin melihat beberapa flora dan fauna di Yogyakarta maka jika berkunjung ke Kebun Binatang Gembir Loka adalah pilihan yang baik.

Kebun binatang ini terletak di sebelah tenggara kota ini dan Anda akan menemukan hewan-hewan seperti reptil dan burung di sana juga masih menekankan pada spesies asli Indonesia. Kebun binatang ini memiliki suasana yang tenang dan tenteram dan Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati pemandangan tropis serta mengunjungi berbagai kandang binatang.

7. Berjalan diatara pohon beringin kembar

beringin kembar

sumber : @sorayarasyid12

Pohon Beringin kembar adalah salah satu tempat paling terkenal di Yogyakarta, dan daerah ini diselimuti mitos dan legenda setempat. Seperti namanya pohon beringin kembar ini terdiri dari dua pohon besar, dan legenda mengatakan bahwa jika Anda dapat berjalan di antara mereka dengan mata tertutup maka keinginan Anda untuk masa depan akan terwujud.

Ini mungkin terdengar mudah, akan tetapi banyak orang tidak bisa berjalan dengan lurus untuk melewati pohon beringin tersebut .Orang biasanya menyewa penutup mata dari penjual lokal yang memastikan bahwa Anda tidak dapat melihat, dan Anda dapat mencoba sebanyak yang Anda suka.Apakah Anda percaya ataupun tidak percaya dengan mitos tersebut, tetapi itu cukup menyenangkan untuk dimencocoba melewwati di antara pohon-pohon beringin tersebut. ini adalah salah satu tempat paling unik di kota ini.

8. Berjalan di sepanjang jalan Malioboro

malioboro

sumber : @malioboro_insta

Jalan Malioboro adalah salah satu jalan paling terkenal di Yogyakarta. Oleh karena itu Anda tidak boleh melewatkan perjalanan di sini ketika Anda mengunjungi kota ini. Jalan ini juga biasanya dikunjungi bersamaan dengan Pasar Beringharjo, dan di sepanjang Jalan Malioboro Anda akan menemukan barang-barang seperti pakaian, kain batik, perhiasan, sandal, souvenir dan kerajinan tradisional Jawa.

Jika Anda ingin menjelajahi pasar maka Anda harus datang ke sini antara jam 9 pagi dan jam 5 sore, tetapi jika Anda hanya ingin menikmati pemandangan dan suasananya, maka cobalah untuk datang setelah gelap ketika lampu jalan sudah menyala. Dan Jika Anda merasa lapar maka Anda juga bisa membeli berbagai jalanan yang enak di sepanjang jalan malioboro

9. Menjelajahi Taman Sari

tamansari

sumber : @nurainishoffis

 

Selain Kraton atau Istana Kerajaan yang terkenal, kurang lengkap rasanya jika saat wisata ke yogyakarta tanpa  mengunjungi Taman Sari yang juga sering disebut sebagai Istana Air Taman Sari.

Kastil ini terletak di barat daya Istana Kerajaan dan taman sari terdiri dari jaringan kolam, aliran, dan bangunan kerajaan untuk dinikmati sultan dan keluarganya.

Walaupun Saat ini beberapa bangunannya telah runtuh, namun hal tersebutlah yang menambah keeksotisan tempat tersebut. Anda dapat menghabiskan sore hari berkeliling di sekitar reruntuhan bangunan yang sudah berdiri dari tahun 1700-an. Anda juga akan menemukan terowongan bawah tanah yang tidak boleh untuk dilewatkan. lihat juga tempat wisata menarik lainnya disini