Banyak orang yang datang ke Indonesia untuk liburan dikawasan pantai lebih memilih untuk mengunjungi Bali. jika Anda berencana mencari tepat berlibur yang jauh dari keramaian dan ingin pergi ke suatu tempat yang sedikit kurang ramai, maka Lombok adalah tempat yang bagus untuk dipilih. Pulau Lombok ini bisa dikunjungi dengan menggunakan kapal feri dari pulau Bali.

Beberapa hal yang menarik dari pulau ini adalah pantai pasir putih yang menakjubkan serta laut yang bersih dan Anda juga bisa mencoba snorkeling dan menyelam di pantai ini. Pulau ini juga merupakan rumah dari Gunung Rinjani yang terkenal, jadi jika Anda suka mendaki gunung maka perjalanan ke puncak gunung berapi aktif ini jangan sampai dilewatkan. Anda juga akan menemukan suasana yang tenang dan santai. jika Anda mencari sesuatu yang berbeda yang masih dekat dengan Bali, maka Lombok adalah pilihan yang tepat.

 

1. Pesta di Gili Trawangan

 

gili trawangan

sumber : @victorwijayakusuma

 

Gili Trawangan dikenal sebagai salah satu pulau terbesar dari ketiga pulau utama di Gili. Di Pulau ini transportasi umumnya juga masih sederhana. Oleh Karena itu, jangan berharap transportasi disini seperti Bali. Meskipun disini keadaanya tidak seperti di Bali, namun Gili Trawangan memiliki kehidupan malam yang menarik karena ada bar dipantai di mana Anda dapat terus berpesta sampai malam.

Anda juga bisa menemukan berbagai tempat yang memutar musik setiap malam serta beberapa klub malam. Di siang hari Anda juga dapat menikmati pantai putih yang bersih dan perairan jernih yang sempurna untuk snorkeling ataupun menyelam.

 

2. Menikmati Air Terjun Tiu Kelep

 

tiu kelep

sumber : @takeyourwaypl

 

Lombok terkenal dengan air terjunnya yang indah tetapi salah satu yang paling terkenal adalah Air Terjun Tiu Kelep. Air terjun ini dapat ditemukan di sebelah utara dan air terjun Tiu Kelep ini dikelilingi oleh hutan zamrud yang mengagumkan.

Air terjun ini terletak di Desa Senaru dan perjalanan ke air terjun ini memakan waktu sekitar 45 menit hingga satu jam, tergantung seberapa cepat Anda berjalan dan saat perjalanan ke air terjun ini Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang alami dan menakjubkan.

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 45 meter dan Anda dapat merasakan kabut dingin dari air saat Anda berada dekat dengan air terjun ini. Anda juga bisa berenang dibawah air terjun ini yang bisa menjadi sambutan selamat datang setelah perjalanan yang melelahkan saat melintasi hutan.

 

3. Menikmati Air Panas Kalak Aik

 

aik kalak

sumber : @lombok_lin

 

Jika Anda ingin mendaki Gunung Rinjani yang merupakan gunung tertinggi di Lombok, maka pastikan Anda berhenti di Sumber Air Panas Kalak aik yang berjarak sekitar 200 meter dari lokasi perkemahan.

Kalak Air terletak dekat dengan Danau Segara Anak yang menakjubkan dan tidak ada cara yang lebih baik untuk menghilangkan rasa lelah setelah mendaki Gunung Rinjani selain dengan berendam di Kalak Aik. Air di sini dikatakan memiliki banyak maanfaat karena kandungan mineral vulkanik yang tinggi sehingga jika Anda ingin relaksasi yang menenangkan maka ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungui.

 

4. Sorkling di Gili Meno

 

gili meno

sumber : @me.and.leila

 

Gili Meno adalah Pulau Gili terkecil dan sangat disukai oleh keluarga yang mencari suasana pantai yang santai. Ini juga tempat populer untuk menghabiskan waktu dengan pasangan dan jika Anda ingin menghabiskan waktu yang tenang di atas pasir maka ini adalah tempat untuk Anda.

Anda bisa  menemukan ombak yang tenang di pantai ini dan ini adalah tempat terbaik jika Anda ingin mencoba snorkeling di Pulau Lombok. Kehidupan biota laut berlimpah di perairan ini dan Anda bisa snorkeling dengan melihat-melihat kehidupan laut seperti kura-kura dan makhluk laut lainnya.

 

5. Mengunjungi Budidaya Kerang

 

kerang lombok

sumber : @dkamilpearlshop

 

Orang mungkin tidak menyadari bahwa Lombok juga terkenal dengan budidaya kerangnya, dan ini adalah bisnis yang cukup besar di daerah ini, bahkan ada beberapa mutiara tercantik di Asia Tenggara yang dibudidayakan di sini.

Salah satu tempat di mana Anda dapat melihat mutiara-mutiara yang indah adalah di budidaya kerang Autore dan disana juga ada paket tur yang akan menjelaskan semua hal yang ingin Anda ketahui tentang budidaya kerang. Ada juga tempat pameran di mana Anda dapat membeli beberapa produk mutiara dan mendukung berjalannya bisnis budidaya kerang lokal disini

 

6. Menjelajahi kuta lombok

 

kuta lombok

sumber : @agnesmarcellina

 

Kuta di Lombok tidak seramai dibandingkan dengan Kuta yang lebih terkenal di Bali. Tidak seperti saudara perempuannya yang terkenal, Kuta disini lebih kecil dan lebih tenang dan pada dasarnya adalah kota memiliki beberapa pantai cantik di dekatnya.

Cara terbaik untuk menjelajahi Kuta lombok adalah dengan menyewa sepeda motor atau sepeda dan kemudian menyusuri pantai, berhenti di setiap teluk kecil yang Anda sukai.

Anda pasti akan menemukan sesuatu yang menarik perhatian Anda dan Anda dapat menghabiskan hari dengan berjemur di pasir dan menyeruput kelapa segar yang dibeli dari warung pinggir jalan.

 

7. Berjemur di Pantai Selong Belanak

 

solong belanak

sumber : @mzwr_

 

Pantai Selong Belanak terletak di Lombok Selatan dan merupakan salah satu pantai tercantik di pulau itu. Dibandingkan dengan pantai-pantai di Bali yang mulai ada sampah berserakan, Pantai Selong Belanak terurai di sepanjang teluk yang indah dan terdiri dari hamparan pasir keemasan yang bersih.

Anda juga akan menemukan beberapa kios lokal yang ada di pantai dan Anda bisa membeli hidangan mie instan di sini serta kelapa segar. Anda juga bisa menyewa papan selancar di sini meskipun ombaknya tidak stabil seperti yang ada di Bali sehingga penggemar surfing yang profesional mungkin akan lebih mencari tempat lain.

 

8. Menjelajahi Desa Tetebatu

 

tetebatu

sumber : @teacherandtraveler

 

Desa Tetebatu memiliki beberapa hal yang miripan dengan Ubud di Bali. Jika Anda mencari sesuatu yang sedikit berbeda di Lombok dan ingin mencari tempat lain selain pantai, maka Desa Tetebatu merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi dan tempat ini berada di antara sawah hijau yang menyejukkan dan hamparan padi yang membentang jauh sepanjang mata melihat .

Desa ini adalah tempat yang tepat untuk mempelajar lebih banyak tentang budaya masyarakat asli disini, yang disebut Sasak, dan Anda juga dapat mencari tahu tentang teknik kerajinan tradisional di daerah tersebut dan juga bisa membeli beberapa suvenir. lihat juga tempat wisata populer lainnya disini