Aceh adalah provinsi di ujung utara Indonesia dan jumlah wisatawan yang datang kesini jauh lebih sedikit dibandingkan daerah yang lain di indonesia. Provinsi ini dikenal karena tsunami dahsyat tahun 2004 silam yang menewaskan hampir 200.000 orang, dan juga terkenal sebagai satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki hukum Syariah. Namun, provinsi ini kurang terkenal di bagian daya tarik keindahan alamnya, tetapi sebenarnya disini memiliki beberapa pantai terindah di negara ini, dan ibu kota Banda Aceh memiliki banyak tempat menarik yang sangat kami rekomendasikan.

Jika Anda menyukai datang ke museum apalagi yang memiliki arsitektur yang cantik maka Anda akan menemukan hal tersebut di Banda Aceh. Disana juga ada beberapa monumen yang didedikasikan untuk mereka yang kehilangan nyawa ketika tsunami melanda. disini Anda juga terdapat beberapa pantai yang indah dan pulau-pulau yang tenang di lepas pantai. disini juga merupakan lokasi dari salah satu taman nasional paling terkenal di Indonesia, dan disana Anda juga dapat menghabiskan waktu untuk trekking, hiking, dan berkemah.

1. Mengunjungi Museum Tsunami

 

museum tsunami

sumber : @ririnwandes

 

Lebih dari 170.000 orang di Aceh kehilangan nyawa akibat tsunami tahun 2004, dan Museum Tsunami di Banda Aceh dibangun sebagai monumen dan pusat pendidikan terkait tragedi tersebut.

Museum ini memiliki rekaman kejadian dari tsunami dan akibatnya, tetapi salah satu bagian yang paling menarik dari museum adalah bagian air terjun yang bertujuan untuk meniru bagaimana gelombang ombak yang menjulang yang terjadi pada Tsunami tahun 2014.

Area-area museum ini terdiri dari koridor-koridor gelap yang meneteskan air, dan saat Anda berjalan, Anda akan dapat mendengar suara ombak yang deras di sekitar Anda.

 

2. Berkemah di Air Terjun Blang Kolam

 

blang kolam

sumber : @fotoaceh

 

Jika Anda adalah pencinta alam dan suka berkemah, maka cobalah untuk melakukan perjalanan ke Desa Sidomulyo di mana Anda akan menemukan Air Terjun Blang Kolam disana.

Air terjun ini naik memiliki ketinggian hingga lebih dari 75 meter dan dikelilingi oleh hutan hujan yang indah membuat suasana disana sangat natural.

Saat anda melakukan perjalanan ke air terjun, Anda akan melewati hutan hujan yang rimbun dengan pemandangan yang menakjubkan, dan pada akhir perjalanan saat Anda berkeringat, Anda akan disambut dengan kabut dingin yang keluar dari air yang mengalir deras.

Banyak orang saat berkunjung ke wisata tersebut juga memilih untuk membawa perlengkapan berkemah dan bermalam karena ingin menikmati suasana alam yang tenang, jadi jika Anda suka dengan alam maka mencobalah untuk mendirikan tenda di sana.

 

3. Menaiki PLTD Apung

 

pltd apung

sumber : @e3_wahyuni

 

Dapat dimengerti bahwa Aceh memiliki tempat wisata yang didedikasikan untuk tsunami dan salah satu yang berlokasi di Banda Aceh adalah PLTD Apung yang merupakan nama sebuah kapal besar.

Ketika tsunami melanda, kapal itu tersapu ombak ke daratan di mana ia berada sekarang. dan sekarang kapal tersebut dipelihara sebagai penghormatan kepada mereka yang meninggal saat terjadi bencana Tsunami.

Anda dapat mengunjungi perahu tersebut dan bahkan naik ke atas kapal dan dari dek kapal Anda dapat menikmati pemandangan yang membentang di seluruh kota.

 

4. Menikmati kopi di Warung Kopi Solong

 

kopi solong

sumber : @fritzsiregar



Orang mungkin tidak menyadari bahwa Aceh terkenal dengan kopinya, tetapi sebenarnya di seluruh Indonesia, biji kopi dari daerah Aceh sangat diminati.

Untuk mencoba sendiri keinikmatannya, Anda perlu mengunjungi Warung Kopi Solong yang sudah ada sejak 1970-an dan terkenal sebagai tempat untuk minum  jika kopi yang terkenal paling enak di provinsi ini.

Kedai kopi ini juga menyajikan berbagai makanan ringan dan Anda dapat melihat bagaimana mereka menggiling kopi serta teknik menuangkan kopi gelas Anda. Anda bahkan juga dapat membeli tas kopi khas Kopi Solong di sini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Kedai kopi ini sangat populer di Banda Aceh dan juga merupakan tempat penduduk setempat nongkrong dimana alkohol dilarang dan bar serta klub malam tidak ada disana.

 

5. Explore Rumah Aceh

 

rumah aceh

sumber : @vceh.co

 

Rumah Aceh sebenarnya adalah bagian dari kompleks Museum Negeri Banda Aceh dan terdiri dari rumah panggung tradisional. Bekas rumah itu telah berubah menjadi museum dan menawarkan wawasan tentang bagaimana kehidupan orang-orang disini hidup di masa lalu. Ini adalah salah satu contoh terbaik arsitektur tradisional jadi pastikan untuk tidak melewatkannya ketika Anda mengunjungi Museum Negeri Banda Aceh.

 

6. Berjemur di Pantai Lampuuk

 

pantai lampuuk

sumber : @didijournal

 

Beberapa pantai terbaik di Indonesia berada di Aceh dan beberapa di antaranya cocok untuk berselancar dan bermain air. Tetapi arus di sekitar terkadang kuat, jadi jika Anda ingin berenang dan berjemur maka tempat terbaik untuk melakukan ini adalah Pantai Lampuuk yang terletak di luar Banda Aceh.

Pantai ini memiliki hamparan pasir yang indah dan menjadi tempat yang bagus jika Anda ingin berjemur atau bermain air. Karena pantai berjarak sekitar 20 menit dari ibukota, Anda dapat dengan mudah pergi ke sana dan menikmati pantai yang menghadap ke Samudra Hindia yang indah, memberikan Anda pemandangan laut yang menakjubkan.

 

7. Makan malam di Pasar Malam Rek

 

pasar malam rek

sumber : @kulineratjeh

 

Banda Aceh terkenal dengan pasar malamnya dan salah satu yang terbaik adalah Pasar Malam Rek. Pasar malam ini akan berlangsung begitu matahari sudah terbenam dan kios-kios para pedagang yang menjual makanan lezat seperti hidangan mie, camilan goreng, dan sate akan mulai didirikan.

Ini juga salah satu tempat yang rekomendasi jika ingin mencicipi hidangan lokal yang harganya terjangkau, jadi jika Anda memiliki anggaran terbatas atau hanya ingin mencicipi berbagai hidangan lokal maka jangan lewatkan untuk mengunjungi pasar malam ini. wisata populer lainnya bisa dilihat disin