Kulon progo merupakan salah satu kabupaten di Jogja yang memiliki berbagai macam tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Salah satu tempat wisata yang cukup populer di Kulon Progo adalah wisata waduk sermo. Di tempat ini wisatawan dapat menikmati pemandangan alam alam, memancing dan menaiki perahu memngelilingi waduk ini.

Sejarah

Waduk sermo merupakan salah satu waduk buatan yang terbesar di kabupaten Kulon Progo, waduk  ini berada di Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waduk yang memiliki luas sekitar 157 hektar ini mulai dibangun pada tahun tahun 1994 dan diresmikan pada tahun 1996 oleh presiden Soeharto. Sebelum pembangun waduk  ini, pemerintah harus melakukan program transmigrasi kepada kurang lebih 100 KK yang mendiami area yang akan dibangun waduk.

waduk sermo

sumber : @jejakwisata.co.id

Pada awalnya tujuan dibangunnya waduk sermo ini adalah untuk irigasi pertanian. Namun seiring berjalannya waktu ini menjadi tempat wisata yang cukup populer di Kulon Progo bahkan kota Jogja. Yang menarik di tempat wisata ini adalah pemandangan alamnya yang mengagumkan. Selain itu disini juga banyak terdapat taman dan gazebo yang bisa wisatawan gunakan untuk bersantai. Bagi anda kaum milenial yang ingin berwisata di waduk  ini jangan khawatir sebab disini banyak terdapat spot foto yang instagramable yang bisa kamu post di social media.

Selain untuk menikmati pemandangan alamnya, banyak wisatawan yang datang ke waduk sermo ini untuk memancing. Ikan di waduk ini beraneka macam mulai dari nila, wader, kutuk, dan red devil. Jika wisatawan ingin memancing namun tidak membawa joran tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa warung/took yang menyediakan alat pancing lengkap dengan umpannya. Untuk fasilitas disini juga sudah cukup lengkap, mulai dari parkir yang luas, gazebo, kamar mandi, mushola, dan marung-warung.

Daya tarik lain dari waduk sermo ini adalah wisatawan dapat mengelilingi waduk menggunakan perahu. Untuk biaya sewa perahu mengelilingi waduk  kurang lebih IDR 30k sekali jalan. Bagaimana menarik bukan tempat wisata ini. Bagi Anda yang suka camping, di waduk ini juga tersedia camp ground yang sangat nyamandan tempatnya juga bagus, sebab camp ground ini beradai di tengah waduk sermo.

wisata waduk sermo

sumber : @adivia_nurhayati

Harga Tiket dan Parkir

Harga tiket masuk Waduk Sermo sangat ramah dikantong wisatawan. Wisatawan sekali masuk akan dikenakan biaya sekitar IDR 5.000 saja. Dengan tarif segitu sangat worth it dengan pengalaman yang akan wisatawan dapatkan.

Kemudian untuk harga tiket parkir sepeda motor di waduk sermo ini adalah IDR 2.000 dan untuk mobil akan dikenakan tarif IDR 5.000.

Jadi kapan nih mau berkunjung ke tempat wisata ini. Jika ingin melihat tempat wisata populer dan menarik lainnya bisa klik disini.