Kulon Progo memang dikenal memiliki banyak sekali embung yang menarik dan sayang untuk dilewatkan dan salah satu embung tersebut adalah embung Banjaroya. Tempat ini merupakan salah satu embung yang cukup populer di Kulon Progo. Embung ini berada di Jl. Kalibawang-Sendang Sono, Tonogoro, Banjaroyo, Kec. Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berada diatas ketinggian, Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang asri dan suasananya yang tentunya menyejukkan. Walaupun masih tergolong wisata baru, embung ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi sebab selain pemandangannya yang bagus, akses menuju embung Banjaroya ini juga mudah di jangkau.

Mengunjungi tempat wisata ini bisa menjadi alternatif liburan bersama keluarga, temen atau orang tercinta. Di embungĀ  ini juga terdapat Icon berupa patung durian menorah kuning yang akan langsung ditemukan wisatawan saat masuk ke embung. Icon patung durian tersebut juga merupakan spot foto yang paling populer disini. Mungkin ada yang bertanya-tanya mengapa icon embung Banjaroya berbentuk durian. Alasan dipilihnya icon berbentuk durian karena daerah kalibawang merupakan tempat penghasil durian terbaik di Kulon progo. Tak jarang di kalibawang ini setiap tahunnya diadakan festival durian. Di festival tersebut wisatawan dapat mencari durian yang mereka sukai dengan harga yang sangat terjaungkau.

 

sunrise embung banjaroya

sumber : @anindhita_mecca

 

Saat berencana mengunjungi wisata embung Banjaroya usahakan saat cuaca sedang cerah sebab wisatawan akan disuguhkan pemandangan gunung Merapi dan merbabu yang sangat memukau. Kedua gunung tersebut akan terlihat sangat jelas dan bisa digunakan sebagai spot foto yang tentunya instagramable. Selain itu saat sore hari wisatawan juga dapat melihat sunset yang mempesona dari embung ini, walaupun tertutup oleh bukit nuansa sunset masih dapat dinikmati dengan sinar matahari yang berwarna oren dan junga.

Fasilitas Embung Banjaroya

 

Embung Banjaroya memiliki fasilitas yang sudah lumayan lengkap, mulai dari tempat parkir. Tempat parkir di tempat ini lumayan luas dan sudah ada atapnya, jadi kendaraan wisatawan tidak kepanasan atau kehujanan. Fasilitas di embung ini selanjutnya adalah toilet, kemudian ada juga gazebo. Gazebo disini kurang lebih ada 4 buah dan cukup luas. Wisatawan dapat menggunakan gazebo tersebut untuk bersantai setelah mengelilingi embung ini. wisatawan juga dapat membeli makanan ikan. Makanan ikan tersebut dapat wisatawan gunakan untuk memberi makan ikan yang berada di embung. Nanti setelah makanan ikan di tabur ke embung, ikan-ikan yang berwarna-warni akan mendekat untuk memakannya. Pemandangan ini tentu akan membuat wisatawan senang.

Harga tiket masuk embung Banjaroya

 

Untuk harga tiket masuk embung Banjaroya masih tergolong murah dan ramah dikantong. Wisatawan hanya dikenai tarif sebesar IDR 3.000 saja. Dan untuk tarif parkir disini wisatawan akan dikenai tarif sebesar IDR 2.000 untuk kendaraan sepeda motor dan IDR 5.000 untuk mobil.

Bagaimnana menarik sekali bukan embung Banjaroya Kulon Progo ini. jangan lewatkan juga tempat wisata menarik dan populer lainnya disini.