Pantai congot merupakan nama salah satu wisata pantai yang berada di Kulon Progo. Kabupaten Kulon Progo ini berada di sebelah barat dari Yogyakarta dan berbatasan langsung dengan Purworejo jawa tengah. Hal yang menarik dari pantai ini salah satunya adalah sunsetnya yang sangat bagus. Apalagi pada bulan November sampai dengan bulan Januari. Sebab pada bulan-bulan tersebut matahari sedang berada di selatan dan akan terbentuk sunset yang sempurna.

Keunikan lainnya dari wisata i adalah adanya muara dari sungai bogowonto. Muara ini dimanfaatkan oleh para nelayan dari penduduk sekitar untuk menyandarkan perahu-perahu mereka. Oleh karena itu tak mengherankan jika terdapat penjual ikan laut di pantai ini dan wisatawan dapat membeli ikan-ikan tersebut. Ibarat seperti sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, maksudnya selain dapat menikmati pemandangan wisata bahari pantai congot, wisatawan juga dapat membeli ikan untuk dimasak dirumah.

Selain itu karena pantaiĀ  ini memiliki muara yang luas membuat banyak orang yang memiliki hobi memancing melepas hobi mereka disini. Muara ini juga dikenal memiliki jenis ikan yang beraneka macam, mulai dari ikan nila, lele, tawes dan masih banyak yang lainnya. Oleh karena itu jangan kaget jika wisatawan akan melihat para pemancing disekitar tempat ini. Bagi wisatawan yang suka memancing tetapi tidak membawa alat pancing dapat membeli disana. Took-toko di pantai congot menyediakan alat pancing yang sangat lengkap dari harga yang terjangkau sampai yang mahal.

 

hutan mangrove pantai congot

sumber : @antoniuspangestuwidodo

Panorama wisata pantai congot

 

Pantai congot berlokasi di Dusun Pasir Mendit, Jetis, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dan merupakan salah satu tempat wisata bahari yang cukup populer di Jogja. hal ini dapat dilihat dari banyaknya para wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini. Wisatawan yang datang ke pantai congot ini selain dari wisatawan lokal juga ada juga wisatawan dari manca negara. Selain terkenal akan pemandangan alamnya yang bagus dan mempesona, di tempat ini sekarang juga ada spot baru yang sedang hits, nama dari tempat tersebut adalah hutan mangrove pantai congot.

Bagi wisatawan yang sedang mengunjungi pantai congot akan kurang pas jika belum mengunjungi hutan mangrove. Hutan mangrove ini sekarang juga sudah menjadi icon dari pantai ini. Hal ini karena hutan mangrove ini memiliki spot foto yang keren-keren dan instagramable. Bagi wisatawan yang suka fotografi jangan lewatkan mengunjungi hutan mangrove ini, dijamin wisatawan akan menyukainya. Hutan mangrove ini juga merupakan Sebuah hutan yang memang mempunyai manfaat yang sangat banyak, baik manfaat untuk alam dan manfaat disektor pariwisata.

Pada awalnya, hutan mangrove pantai congot ini hanya difungsikan sebagai penangkal abrsi yang menyerang pantai. Namun seiring berjalannya waktu banyak orang yang dating ke mangrove ini untuk mengabadikan foto atau sekedar menikmati pemandangan sekitar. Selanjutnya karena dipandangan memiliki nilai ekonomi diubahlah hutan mangrove ini menjadi tempat wisata seperti saat ini.

Spot foto di wisata mangrove pantai congot

Hutan mangroveĀ  ini memiliki spot foto yang menarik seperti yang dijelaskan diatas. Salah satu spot foto tersebut adalah Jembatan api-api. Jembatan api-api ini merpakan jembatan yang terbuat dari kayu dan bambu membentang melewati muara bogowonto. Mungkin wisatawan bertanya-tanya mengapa jembatan ini dinamakan jembatan api-api. Nah dinamakan jembatan api-api karena kebanyakan mangrove disini jenisnya api-api. Dari jembatan ini wisatawan dapat mengabadikan foto diatas jembatan dengan latar belakang muara dan pepohonan mangrove.

Spot foto selanjutnya di hutan mangrove congot ini adalah adanya replika Menara Eiffel yang terbuat dari bambu. Menara ini sangat menarik sebab wisatawan dapat menaikinya sampai atas Menara. Dari atas Menara inilah wisatawan dapat melihat hutan mangrove dengan leluasa, sungguh pemandangan yang menakjubkan. Sebenarnya masih ada spot foto menarik lainnya, anda harus kesana dan merasakan sensasi dari hutan mangrove ini.

 

Fasilitas di wisata pantai congot

 

untuk fasilitas di pantai congot ini sudah cukup lengkap, mulai dari tempat parkir yang luas, jadi wisatawan tidak perlu takut jika tidak kebagian tempat parkir, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Kemudian ada juga toilet, tempat ibadah mushola dan ada juga beberapa warung yang menjual makanan. Fasilitas yg selanjutnya adalah semacam pendopo yang bisa disewa untuk acara gathering dan yang lain sebagainya.

 

Harga tiket masuk wisata mangrove

 

Harga tiket masuk hutan mangrove pantai congot ini cukup ramah dikantong. Wisatawan hanya dikenai tarif sebesar IDR 5.000. kemudian untuk biaya parkir disini terbilang standar yaitu untuk kendaraan sepeda motor wisatawan akan dikenai tarif sebesar IDR 3.000 dan untuk kendaraan mobil akan dikenai tariff sebesar IDR 5.000. tentunya tarif tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Bagaimana menarik sekali bukan tempat wisata pantai congot dan hutan mangrovenya. Jika anda sedang mencari tempat wisata populer dan menarik lainnya bisa klik disini.