Makam Gunung Pring adalah salah satu tempat wisata religi yang berada di Desa Gunung pring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Wisata Religi ini cukup ramai dengan wisatawan yang ingin berziarah pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat tenang dan bisa memberikan sensasi yang membuat hati menjadi nyaman.

Wisata Religi Komplek Makam ini juga memiliki pesona alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Magelang namun tidak mengunjungi Wisata Religi ini.

Wisata Religi Komplek Makam Gunung Pring ini sangat cocok untuk Anda mengisi kegiatan liburan, apalagi saat musim-musim ziarah, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan dari Makam Gunung Pring di Muntilan Magelang Jawa Tengah ini sangat terjaga dengan rapi dan bersih yang akan membuat Anda betah disana.

 

Daya Tarik

 

Daya tarik dari Makam Gunung Pring ini adalah penamaan dari tempat religi ini. Penamaan Gunung Pring karena disana terdapat sebuah bukit yang banyak ditumbuhi pring di atas bukit. Gunung Pring ini memiliki ketinggian 400 meter diatas permukaan air laut. Di puncak Gunung Pring terdapat sebuah kompleks makam milik Kraton Yogyakarta. Di sini dimakamkan salah seorang wali tanah Jawa, yakni Kyai Raden Santri (Pangeran Singosari Mataram), salah seorang putra Ki Ageng Pemanahan, dan juga merupakan keturunan Prabu Brawijaya V.

Terdapat juga sebuah Mushola yang diberi nama Mushala Pangeran Singosari. untuk mencapai komplek pemakaman tersebut wisatawan harus berjalan kaki menaiki anak tangga. Selain itu, di kawasan desa Gunung Pring juga terdapat sebuah Pondok Pesantren salaf yang sudah sangat tua, yakni Pesantren Watu Congol yang didirikan oleh Kyai Nahrowi Dalhar. Beliau merupakan mursyid tarekat Syadziliyah dan dikenal sebagai seorang teladan masyarakat.

 

Fasilitas

 

Wisata Religi Makam Gunung Pring sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari : Area Parkir kendaraan yang luas, Tempat Istirahat, Musholla, Kamar mandi / MCK, Warung Makan, Tempat Penginapan, dan masih banyak lainya.

 

baca juga : Explore tempat wisata watu tekek Kulon Progo

 

Harga tiket masuk

 

Untuk harga tiket masuk tempat wisata religi ini wisatawan tidak dikenakan biaya alias gratis dan hanya dikenakan biaya parkir. Untuk tarif parkir kendaran sepeda motor wisatawan akan dikenakan tarif IDR 2.000 dan untuk mobil IDR 5.000.

Bagaimana menarik sekali bukan tempat wisata religi ini. jangan lewatkan tempat wisata meraik dan populer lainnya yang ada di website ini.