Jika Anda sedang mencari tempat wisata ekstrem di kulon progo, cobalah ke wisata Ayunan Langit Watu Jaran. Obyek wisata baru kulon progo Ini bukan ayunan sembarangan. Anda akan seperti berada di atas langit melihat pemandangan dari ketinggian.

Saat melihat ketinggian ayunan ini pasti bakalan bikin wisatawan ngeri sampai tangan bergetar. Tapi bagi wisatawan yang suka tantangan pasti akan mencobanya. Bagaimana tidak? Wisata Ayunan langit watu jaran ini dibangun di pinggir jurang dengan pemandangan hijau yang mengagumkan. Bagi wisatawan yang tidak berani, apalagi memiliki riwayat sakit jantung, kami sarankan tidak mencobanya demi kebaikan Anda.

 

Tapi bagi wisatawan yang tertantang, tenang saja dijamin walaupun wisatawan berayun di antara langit dengan ayunan ini. Wisatawan tetap aman. Sebab, keamanan permainan ini sangat terjamin. Ayunan yang dibuat dari baja tentu tidak akan patah saat dinaiki. Bahkan wisata ayunan langin ini dapat menahan berat sampai 500kg, bagaimana aman sekali bukan. Selain itu, wisatawan juga harus memakai pengamanan ketika mau menaiki ayunan langit ini. Ditambah lagi, ada Tim SAR yang siap mendampingi

Di instagram sudah banyak sekali foto-foto wisatawan yang memamerkan keberaniaannya naik ayunan Langit Watu Jaran. Latar belakang keindahan alam berpadu dengan keberaniaanmu bakalan jadi moment tak terlupakan yang diabadikan jepretan kamera.

 

Rute wisata ayunan langit watu jaran

 

Tempat wisata menarik ini tidak terlalu jauh dari Gua Kidang Kencono. Lokasinya teletak di Dusun Sabrangkidul RT 10 RW 5. Tepatnya di Desa Purwosari, Kecamatan Kulon progo. Menuju objek wisata ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi, yaitu motor atau mobil. Waktu yang harus wisatawan tempuh sekitar 1 jam dari kota Jogja.

Jika wisatawan dari arah Jogjakarta, Anda harus melewati jalur menuju ke arah Goa Kiskendo. Nah, sesampainya di Goa Kiskendo, wisatawan cukup lurus ke arah barat hingga wisatawan menemukaan pertigaan. Setelah itu, wisatawan ambil ke kanan menuju Goa Kidang Kencana. Ketika sampai di goa tersebut, wisatawan akan menemukan papan penunjuk jalan menuju wisata Ayunan Langit Watu Jaran. Ikuti saja papan penunjuk itu sampai akkhirnya wisatawan menjejaki Ayunan Langit Watu Jaran.

 

Jam Buka, Harga Tiket, dan Fasilitas Ayunan Langit Watu Jaran

 

Tempat wisata ayunan langit ini, bisa wisatawan datangi setiap hari. dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Untuk tiket masuk ke lokasi Ayunan Langit Watu Jaran sangatlah terjangkau sekitar IDR 10.000. Jika wisatawan ingin mencoba Ayunan Langit Watu Jaran wisatawan harus menambah biaya sebesar Rp20.000. Wisatawan sudah bisa menaiki ayunan dan berayun di antara pepohonan dan langit sekitar 5-10 menit. Tentu jangan lupa abadikan momen ini dengan jepretan kamera.

Tenang saja, selain obyek wisata yang seru. Wisata Ayunan Langit Watu Jaran iniĀ  juga dilengkapi dengan berbagai fasilitias yang cukup lengkap mulai dari toilet, mushalla, tempat duduk, sampai ojek gratis. Jadi, tunggu apalagi, ayo ajak teman-temanmu, keluarga, bahkan kekasihmu untuk menguji andrenalin serta liburan menyenangkan di Ayunan Langit Watu Jaran kulon progo ini.

 

baca juga : Explore tempat wisata Kalibiru Kulon progo

 

Fakta unik ayunan langit watu jaran Kulon Progo

 

Dibalik dari keindahannya ternyata Ayunan langit ini memiliki beberapa fakta unik yang menarik untuk dibahas.

1 Di Atas Tebing Setinggi 800 Meter

Jangan sekali-kali mencoba ayunan ini bila kamu takut ketinggian. Pasalnya, ayunan ini berada di atas tebing setinggi 800 meter dan tiangnya memiliki tinggi 10 meter. Ketika diayun, nggak terbayang kan bagaimana pemandangan di bawahnya. Namun jangan khawatir karena pengelola Ayunan Langit Watu Jaran sudah memperoleh pembinaan dari SAR.

2 Bisa Melihat Pemandangan Daerah Sekitarnya

Ayunan Langit Watu Jaran berada di tempat yang cukup tinggi. Oleh karena itu, pengunjung bisa melihat daerah sekitar, seperti Purworejo, dari objek wisata tersebut. Bandara Kulon progo juga bisa terlihat dari sana jika sudah jadi. Selain itu, Ayunan Langit Watu Jaran menyuguhkan pemandangan alam yang masih hijau dan Perbukitan Menoreh

3 Buka dari pukul 07.00 hingga 17.00

Objek wisata ini buka dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Pengunjung dikenakan tarif Rp 30.000 untuk menikmati fasilitas yang ada. Biaya itu sudah termasuk tiket masuk, menikmati ayunan dan wahana lain yang ada di tempat tersebut, serta jasa ojek dari tempat parkir menuju lokasi. Ini karena pengunjung tak bisa langsung membawa kendaraannya menuju lokasi ayunan.

4 Tersedia Banyak Spot Selfie

Bila takut untuk naik ayunan, pengunjung tak perlu khawatir akan mati gaya bila ke Ayunan Langit Watu Jaran. Banyak spot swafoto menarik yang patut untuk dicoba.

 

Demikian ulasan wisata ayunan langit watu jaran Kulon Progo ini, jangan lewatkan tempat wisata populer dan menarik lainnya yang ada di website ini