Gudeg merupakan masakan tradisional yang berasal dari daerah Jogja dan Jawa Tengah. Seiring berjalannya waktu banyak masakan gudeg yang terkenal berasal dari Jogja sehingga membuat kota ini dikenal dengan nama Kota Gudeg. Sebenarnya makanan ini di temukan pada abad 19, namun mulai populer dan banyak diperdagangkan pada tahun 1940-an bertepatan dengan Presiden Sukarno membangun Universitas Gajah Mada (UGM).

Makanan ini terbuat dari nangka muda atau dalam Bahasa Jawanya Gori, kemudian direbus selama beberapa jam dengan gula aren. Santan dan juga rempah-rempah tidak lupa ditambahkan seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, biji ketumbar, lengkuas, daun salam, dan daun jati, yang memberikan warna coklat kemerahan ke masakan. Dengan berbagai campuran bumbu tersebut, makanan ini menjadi terasa manis dilidah dan memiliki rasa yang khas dan enak sesuai dengan selera masyarakat Jawa pada umumnya.

Gudeg umumnya disajikan dengan telur atau ayam, kemudian ditambah dengan nasi kukus putih, ayam baik sebagai opor ayam atau ayam goreng, telur pindang, opor telur atau telur sekadar rebus, tahu dan atau tempe, dan sambel goreng krecek sup yang terbuat dari kulit sapi renyah.

Ada dua jenis Gudeg yang bisa Anda coba seperti jenis kering dan basah. Untuk jenis yang kering hanya memiliki sedikit santan sedangkan untuk yang jenis basah mempunyai banyak santan. Gudeg yang umum ada di Jogja adalah jenis kering dengan warna kemerahan karena penambahan daun jati sebagai pewarna. Gudeg Solo dari kota Surakarta merupakan jenis yang basah dengan banyak santan, dan memiliki warna putih kecoklatan sebab tidak ditambah dengan daun jati.

Bagi wisatawan yang ada di Jogja untuk menikmati tempat wisata dan berencana mencari makanan khas ini terdapat berbagai tempat yang bisa dicoba.

 

1. Gudeg Yu Djum

Berdiri sejak 1951, Gudeg Yu Djum merupakan salah satu kuliner Jogja yang melegenda, sebab tempat ini dikenal memiliki rasa masakan yang sangat enak. Jenis Gudek yang ada disini merupakan jenis yang kering dan memiliki rasa manis. Wisatawan dapat menemukan makanan ini di Jalan Wijilan No. 167, Panembahan, Kraton, Panembahan, Kraton, Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemudian untuk harganya mulai sekitar IDR 10.000 per porsi.

2. Gudeg Permata Bu Pujo

Bagi wisatawan yang sedang liburan di Jogja dan merasa lapar pada malam hari tidak perlu khawatir. Di Jogja ini terdapat berbagai macam tempat kuliner yang bisa dicoba dan salah satunya adalah kuliner guded Permata Bu Pujo. Tempat ini buka pada pukul 20.30, namun kami sarankan untuk datang lebih awal sebab biasanya tempat ini sangat ramai pembeli. Wisatawan bisa menemukan tempat kuliner ini di Jalan Gajah Mada, RT. 36 / RW. 07, Purwo Kinanti, Gunungketur, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dan untuk harga satu porsi mulai sekitar IDR 10.000.

 

Bagaimana menarik bukan kuliner khas Jogja dan Jawa tengah ini. jangan lewatkan informasi menarik lainnya yang ada di website ini.

Open chat