Kabupaten Kulon Progo memang terkenal memiliki banyak sekali tempat wisata yang populer dan menarik untuk dikunjungi. Namun setelah seharian asik mengelilingi tempat wisata bukankah perut kita akan merasa lapar. Nah di Kulon Progo ini juga terdpat berbagai macam makanan yang bisa wisatawan coba. setelah pergi ke tempat wisata tidak ada salahnya untuk melakukan wisata kuliner di Kulon Progo ini.

Berikut beberapa tempat wisata kuliner di Kulon Progo yang bisa wisatawan coba.

 

1. Geblek Kuon Progo

 

Geblek merupakan makanan khas tradisional daerah Kulon Progo. Gebleg ini terbuat dari tepung kanji, bawang putih dan garam. Untuk rasanya gurih dan bertekstur kenyal dijamin wisatawan akan menyukainya. Gebleg di Kulon Progo ini cukup unik sebab bentuknya menyerupai angka 8. wisatawan dapat membeli geblek ini di toko oleh-oleh. Salah satu tempat oleh-oleh yang menyediakan makanan khas ini ada di Geblek Boto yang beralamat di Boto Wetan, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo. Harga Geblek ini cukup terjangkau per pak sekitar 5.000-10.000 rupiah sesuai dengan isinya. Geblek biasanya dijual 1 paket dengan Tempe Besengek atau bisa sendiri-sendiri.

 

2. Teh Sangrai Nglinggo

 

Di daerah kulon progo memiliki banyak sekali tempat wisata dan salah satu tempat wisata yang cukup populer adalah kebun teh Nglinggo. Selain terkenal memiliki pemandangan alamnya yang bagus, didaerah kebun teh nglinggo ini juga terkenal dengan Tehnya yaitu teh Sangrai. Teh Sangrai ini terbuat dari daun teh yang ada di kebun teh Nglinggo, kemudian teh tersebut di keringkan dan disedu dengan air panas. Aroma khas dari seduhan teh ini akan membuat wisatawan menjadi merasa nyaman dan rileks. Teh Sangrai ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi Kesehatan, salah satu manfaatnya adalah baik untuk diet dan memperlancar aliran darah.

Wisatawan dapat menikmati teh Sangrai ini di sekitaran tempat wisata kebun teh Nglinggo. Duduk santai di kebun teh dengan menikmati secangkir teh Sangrai ini tentunya dapat menjadi relaksasi. Wisatawan juga dapat membeli teh ini dalam bentuk kemasan dan di seduh dirumah.

 

3. Kopi Menoreh

 

Selain menghasilkan teh , Kulon Progo juga dikenal akan kenikmatan kopinya. Salah satu kopi yang cukup terkenal di Kulon Progo adalah Kopi menorah yang dapat ditemui di kedai kopi pak Romat atau kedai kopi Mbak Mar. kedua kedai kopi tersebut terletak di Dusun Madigondo, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kopi menoreh disini memiliki banyak varian yang dapat dipilih oleh wisatawan seperti Arabika, Robusta dan masih banyak yang lainnya.

4. Rumah Makan Ayam Goreng Bu Hartin

 

Tempat wisata kuliner yang selanjutnya adalah Rumah Makan Bu Hartin. Rumah makan inisudah cukup terkenal akan rasa masakan ayamnya yang gurih dan renyah. Salah satu cabang Rumah Makan Bu Hartin ini berada di Jl Nasional Kabupaten Kulon Progo. Tepatnya, di dusun Gunung Gempal. Untuk jam buka Rumah makan ini dari pukul 08.00-23.00 WIB.

 

5. Dapur Semar Resto

 

Dapur Semar Resto bisa menjadi tempat untuk wisata kuliner di Kulon Progo yang selanjutnya. Dapur Semar Resto ini berada di sebelah barat Alun-Alun Wates, tepatnya di Jl Tentara Pelajar, sebelum RSUD Wates. Dapur Semar Resto  ini terletak di area persawahan dengan suasana khas pedesaan. Tempat ini cukup sejuk sebab terdapat pohon perindang yang cukup lebat. Resto ini menawarkan berbagai menu olahan Ikan dan Ayam. Untuk jam buka tempat ini mulai dari 08.00  22.00WIB.

Berikut tadi beberapa tempat yang dapat digunakan untuk wisata kuliner di Kulon Progo. Semnoga bermanfaat.

Open chat